Selasa, 03 November 2009

SEJARAH PRAMUKA UNM

Dikeluarkannya KEPRES No. 238/61 Tentang Gerakan Pramuka merupakan satu wujud dukungan pemerintah terhadap organisasi kepanduan se Indonesia.
Olehnya itu, diadakanlah kerja sama dengan Kwarnas Gerakan Pramuka dan melakukan satu pertemuan dengan seluruh Perguruan Tinggi pada tanggal 5-10 April 1978 di Universitas Padjdjaran Bandung yang membahas tentang pembentukan organisasi kepramukaan berpangkalan di Perguruan Tinggi. Pertemuan ini menghasilkan keputusan bersama Dikti dan Kwarnas tentang pedoman pelaksanaan pramuka yang berpangkalan di Perguruan tinggi.
Pada delegasi UNM, (saat itu IKIP Ujung Pandang) yang diwakili oleh Kak Jamal Abdul Nasser dan Kak Erna Rahman, ketika kembali dari Bandung langsung mengadakan pertemuan dengan pimpinan Institut di lingkungan IKIP Ujung Pandang yang dihadiri oleh Rektor dan Dekan dari beberapa Fakultas. Pertemuan itu menghasilkan keputusan untuk membentuk Gugusdepan yang berpangkalan di IKIP Ujung Pandang kemudian berhasil mengumpulkan mahasisiwa sebanyak 20 orang. Tepat pada tanggal 1 Mei 1978 di kampus IKIP Gunung Sari Baru resmi berdiri dengan Nomor Gudep 355-356 dengan nama Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju. Setelah peralihan IKIP Ujung Pandang ke UNM serta dalam rentang perubahan nomor gudep berubah menjadi 10-071 – 10-072.

UKM Pramuka telah berhasil menyukseskan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah KELOPAK tingkat provinsi.. KELOPAK I dilaksanakan pada tahun 2000 di Limbung, Gowa. Oleh karena KELOPAK I sangat direspon oleh beberapa pangkalan akhirnya kembali dilaksanakan KELOPAK II pada tahun 2002 di Bantimurung Maros. KELOPAK III dilaksanakan pada tahun 2004 di Limbung, Gowa. Selanjutnya yang baru dilaksanakan adalah KELOPAK 2007 pada tanggal 1-8 Juli 2007 di Bantimurung,Maros.
Selain kegiatan yang sifatnya melatih keterampilan kepramukaan, UKM Pramuka juga memiliki 1 unit yang mampu mewadahi minat dan bakat dari mahasiswa di bidang seni, yakni GCMB (Gita Cikal Marching Band). GCMB ini sudah sering tampil baik di dalam maupun di luar kampus.



TUJUAN DAN SASARAN

Sesuai dengan Skep Kwarnas Gerakan Pramuka No.086 tahun 1987 tentang petunjuk pelaksanaan pembinaan dan pengembangan Gugusdepan Pramuka yang berpangkalan di Perguruan Tinggi, maka tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Perguruan Tinggi adalah:

I. Tujuan
a. Menyiapkan anggota agar menjadi kader Gerakan Pramuka
b. Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, keterampilan, kecerdasan, budi pekerti, kepribadian, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta yakin akan kesaktian Pancasila, rela berkorban untuk Negara dan meningkatkan kemampuan awal bela Negara melalui pendidikan kepramukaan.
c. Ikut berperan aktif pada kegiatan kepramukaan di luar kampus Perguruan Tinggi.


II. Sasaran
a. Para remaja dan pemuda mempunyai bekal pengetahuan, kecakapan, keterampilan, sikap dan kepribadian melalui pendidikan dan pengalaman di dalam Gerakan Pramuka.
b. Para Mahasiswa:
1. Mempunyai bekal pengetahuan, kecakapan, keterampilan, sikap, dan kepribadian melalui pendidikan dan pengalaman di dalam Gerakan Pramuka
2. Menjadi pemipin Gerakan Pramuka
3. Mampu menjadi Pembina Pramuka Mahir dan Pelatih Pembina Pramuka
4. Mampu melaksanakan Trisatya dan Dasadarma Pramuka serta melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi secara optimal.

SISTEM PEMBINAAN

Dalam proses pembinaan anggota, ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh anggota, mulai dari orientasi, perkemahan pengenalan medan. Dalam orientasi yang dilaksanakan selama 2 (dua) bulan tersebut anggota diberikan materi-materi tentang Gerakan Pramuka di dunia maupun Gerakan Pramuka di Indonesia. Setelah pemberian materi, tahap selanjutnya adalah perkemahan pengenalan medan. Tujuan dari pengenalan medan ini adalah untuk mengaplikasikan materi-materi selama orientasi dan penerapannya di dalam bermasyarakat.

STRUKTUR ORGANISASI DEWAN RACANA

Racana UKM Pramuka UNM diberi nama Racana Ranggong Dg. Romo untuk Putera dan Racana Opu Dg. Risadju untuk Puteri. Racana UKM Pramuka dipimpin oleh seorang Putera dan seorang Puteri yang disebut Ketua Dewan Racana Putera dan Puteri. Dalam kepengurusan, Ketua Dewan Racana dibantu oleh Sekretaris, Bendahara, Pemangku Adat, dan Ketua Bidang. Racana Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju terdiri dari empat bidang dan satu Divisi yang masing-masing dibantu oleh anggota kelompok kerja (Keker). Adapun bidang-bidang yang dimaksud, yaitu :
1. Bidang Kerohanian dan Pengembangan
Bidang ilmu dan kerohanian, dalam melaksanakan program kerjanya dibantu oleh kelompok kerja (keker) keilmuan dan penelitian. Keker tersebut menampung minat dan bakat anggota dalam hal pengkajian dan peningkatan ilmu, baik tentang Agama maupun umum.

2. Giat dan Teknik Kepramukaan
Bidang giat dan teknik kepramukaan dalam melaksanakan program kerjanya dibantu oleh keker Brigade Pramuka Penolong – Satlak Pramuka Peduli (BPP-SPP). Kerja-kerja BPP-SPP mengarah pada penanganan bencana dan kepedulian masyarakat.
3. Rumah Tangga (RT)
Bidang RT dalam melaksanakan program kerjanya dibantu oleh keker Lembaga Ekonomi Milik Racana (Lemir). Keker tersebut menampung minat dan bakat anggota dalam hal berwirausaha.
4. Hubungan masyarakat (Humas)
Bidang Humas dalam melaksanakan program kerjanya dibantu oleh keker Lembaga Penerbitan Racana (LPR). Keker tersebut menampung minat dan bakat anggota yang berkaitan dengan jurnalistik.
5. Divisi Gita Cikal Marching Band (GCMB)
Divisi menampung minat dan bakat anggota dalam hal seni khususnya Marching Band. Berbagai event pernah diikuti seperti pada HUT Telkom, Dies Natalis UNM setiap tahun, peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan RI di Gunung Sari, Peringatan Hari pendidikan setiap tahun, acara Disney di Karebosi tahun 2007, dan masih banyak lagi.

KEGIATAN-KEGIATAN YANG PERNAH
DILAKSANAKAN DAN DIIKUTI

• Dipercayakan pada kegiatan-kegiatan besar dilingkup kampus UNM, seperti pada pelaksanaan Wisuda, Dies Natalis UNM tiap tahun dan masih banyak yang lainnya
• Dipercayakan membina Pramuka, di beberapa sekolah (SD, SMP dan SMA) Yang ada di Makassar.
• Melaksanakan berbagai kegiatan sosial, seperti pengumpulan dan penyaluran bantuan kemanusiaan, turut serta dalam perintisan jalan perkampungan, pembuatan taman baca masyarakat didesa (di luar Makassar) dll.
• Melaksanakan berbagai even pramuka seperti, Kemah Lomba Pramuka Penegak se-sulawesi selatan dan barat,Lomba Bina Terampil Pramuka Penggalang, Safari Loka Bhakti Pramuka Perguruan Tinggi, Kursus Mahir Dasar dan Lanjutan, pelatihan-pelatihan dsb.
• Tercatat sebagai PRAMUKA Perguruan Tinggi terbaik di kawasan timur Indonesia
Pengiriman utusan pada setiap even kepramukaan tingkat nasional, Seperti JAMBORE Nasional, PW Nasional, RAIMUNA Nasional, PERKEMPI Nasional dsb.

3 komentar:

  1. selamat bwt pembuatan blog kita, semoga bisa eksis..

    jayalah selalu..

    BalasHapus
  2. oh iya smoga sukses,,,gmna apa bleh nggak yg alumni ikut di gudep tp masih aktif pramuka di gudep,,,salam pramuka

    BalasHapus
  3. Salam Pramuka...!!!
    Salam Pramuka dari Kota Bandar Madani


    link balik n follow ke blog kami nah!!!

    coklatorange.blogspot.com

    BalasHapus